Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Jumat, 02 Mei 2014

Perulangan bersarang pada pascal 


 
 
·          Uses crt;             
·          Var a, b, c :integer;                          // deklarasikan variable a, b, c dengan tipe data integer.
·          Begin                                     // memulai program.
·          Clrscr;                    //membersihkan layar ketika dirun.
·          Write(‘Masukan angka : ‘);readln(c);       //menuliskan ‘masukan angka :’ dan kemudian membaca inputnya  sebagai variable c.
·          For a:= 1 to c do               
·          Begin                     //memulai program.
·          For b:= 1 to c do               
·          Begin                     //memulai program.
·          Write(a:4, b:2);                 //a:4 untuk mencetak spasi sebanyak 4 kali, dan b:2 untuk mencetak spasi sebanyak 2kali.
·          End;                       //mengakhiri program perulangan for b.
·          Writeln;                //pindah baris apabila program b telah selesai.
·          End;                       //mengakhiri program perulangan for a.
·          Readln;                 //baca seluruh program yang sudah ditulis.
·          End.                       //mengakhiri seluruh program.

Keterangan :
Pada perulangan tersarang statement yang dikerjakan terlebih dahulu adalah statement yang berada didalam terlebih dahulu.

Misalkan kita input pada variable c=2 pada program for a:= 1 to c do, For yaitu untuk menampilkan bilangan asli sampai ke c. bilangan asli pertama 1, karena 1 tidak melebihi 2, maka kita cetak 1 dengan spasi 4 kali pada a, selanjutnya kerjakan statement for b:= 1 to c do karena nilai c yang kita input tadi adalah 2. Bilangan asli pertama 1, karena 1 tidak melebihi 2, maka kita cetak 1 dengan spasi 2 kali pada b, selanjutnya kembali ke perulangan b terlebih dahulu karena belum selesai, selanjutnya cetak kembali 1 dengan spasi 4 kali pada a karena perulangan b belum selesai, selanjutnya kerjakan for b:= 2 to c do karena nilai c = 2 maka for b := 2 to 2 do, karena nilai bilangan asli belum melebihi 2, maka kita kembali cetak 2 dengan spasi 2 kali pada b. Karena nilai awal telah melebihi nilai akhir pada perulangan b maka telah selesai kembali ke perulangan a. Pada perulangan b sudah selesai maka kembali ke perulangan a dengan pindah baris terlebih dahulu karena fungsi writeln; (untuk pindah baris kebawah / enter). 

Pada baris selanjutnya  for a:= 2 to 2 do karena nilai c adalah 2, karena nilai 2 belum melebihi 2, maka kita cetak 2 dengan spasi 4 kali pada a, selanjutnya kerjakan statement for b:= 1 to c do karena nilai c yang kita input tadi adalah 2. Bilangan asli pertama 1, karena 1 tidak melebihi 2, maka kita cetak 1 dengan spasi 2 kali pada b, selanjutnya kembali ke perulangan b terlebih dahulu karena belum selesai, selanjutnya cetak kembali 2 dengan spasi 4 kali pada a karena perulangan b belum selesai, selanjutnya kerjakan for b:= 2 to c do karena nilai c = 2 maka for b := 2 to 2 do, karena nilai bilangan asli belum melebihi 2, maka kita kembali cetak 2 dengan spasi 2 kali pada b. Karena nilai awal telah melebihi nilai akhir pada perulangan b maka telah selesai kembali ke perulangan a, pada perulangan a nilai awal sudah melebihi nilai akhir maka langsung readln program, lalu mengakhiri programnya.
 
Sebelum dijalankan kita compile terlebih dahulu, Setelah pilih compile / alt+f9 maka akan muncul tampilan compiling apabila program tidak ada kesalahan:

Setelah  kita compile terlebih dahulu, lalu pilih run/ ctrl+f9 maka program akan dijalankan dan output program akan keluar : 
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © Watashi No Burogu e Yōkoso! //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //